Inilah Ciri Seseorang Memiliki Jiwa Wirausaha

2168
ciri-ciri jiwa wirausaha

(Image Source : Pexels.com)

Pinjammodalid – Pengertian kewirausahaan adalah proses dalam melakukan atau menciptakan sesuatu yang baru secara kreatif dan penuh inovasi yang memberikan manfaat bagi orang lain dan bernilai tambah. Menurut ahli bidang ekonomi, Siswanto Sudomo, pengertian kewirausahaan adalah segala sesuatu yang penting mengenai seorang wirausaha, yakni orang yang memiliki sifat pekerja keras dan mau berkorban, memusatkan segala daya dan berani mengambil risiko untuk mewujudkan gagasannya.

Download Aplikasi Pinjam Modal

Ciri-ciri orang yang memiliki jiwa kewirausahaan adalah sebagai berikut :

1. Memiliki Kemauan Yang Keras

Seorang wirausahawan yang ingin membangun bisnis harus memiliki kemauan keras dalam mencapai keberhasilan usaha. Tujuannya tidak lain adalah untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan memiliki optimisme dalam setiap Langkah yang dijalankan. Jika seseorang memiliki kemauan yang keras akan menjadi bekal yang membantu dalam mewujudkan apa yang diinginkan.

2. Memiliki Kreatifitas

Wirausahawan yang sukses adalah seseorang yang memiliki keberanian untuk berkreasi. Berani menuangkan kreatifitas kedalam suatu bentuk karya yang bisa dijadikan produk untuk usaha. Orang yang memiliki keberanian untuk memulai tidak takut dengan risiko kegagalan. Mereka cenderung berpikir positif dalam memulai sesuatu. Tentunya dengan berbagai pertimbangan yang matang dan kemauan keras yang dimiliki, pastinya akan membawa kesuksesan.

Baca Juga: Mau Mulai Usaha? Cari Tahu Apa Perbedaan UMKM dan UKM

3. Kemampuan Analisis Pasar

Ciri ciri jiwa wirausaha lainnya yang dimiliki wirausahawan adalah mereka mampu menganalisa pasar dengan cermat sebelum memulai usahanya. Selain menganalisis produk apa yang ingin mereka jual, mereka juga melakukan riset terlebih dahulu untuk menemukan peluang usaha apa yang tepat dan bisa laku di pasaran.

4. Teliti Dalam Menganalisa Risiko

Seorang wirausahawan juga harus teliti dalam memperhitungkan segala macam risiko, mulai dari persaingan, untung rugi, sampai nilai jual barang yang ingin mereka tawarkan. Mereka bisa menggali tren pasar yang ada dan menganalisa tempat atau lokasi yang tepat untuk berjualan hingga jam buka yang pas untuk berjualan, dan hal-hal lain yang membutuhkan ketelitian.

5. Memiliki Pengabdian Dan Komitmen Tinggi Terhadap Usahanya

Jiwa wirausaha dimiliki oleh seseorang yang bisa mengabdikan dirinya dan berkomitmen terhadap pekerjaannya. Jiwa loyal terhadap usahanya bisa membuat seorang wirausaha mengesampingkan hal lain selain usahanya. Perlu diketahui bahwa untuk menekuni bisnis, membutuhkan waktu lebih untuk belajar, memahami dan menjalankan bisnis dengan baik. Bukan hanya untuk dirinya sendiri, pebisnis harus menerapkan jiwa wirausahanya terhadap pelanggan dan calon pelanggan.

Itulah arti dari kewirausahaan dan ciri-ciri jiwa wirausaha, apakah kamu memiliki ciri-ciri seorang wirausaha? Siapkan keberanian dan komitmen kamu untuk melangkah dan menjadi seorang wirausaha sejati.

Download Aplikasi Pinjam Modal

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here